Kamis, 22 Maret 2012

Apa itu warnet ?

      Warnet singkatan warung internet. Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, tidak hanya kalangan menengah keatas yang menganggapnya begitu. Tapi berbagai kalangan menganggapnya sebagai kebutuhan termasuk kalangan menengah kebawah. Sekarang dikalangan pelajar pun sangat membutuhkan oleh sebab itu sejak dini para pelajar sudah dikenalkan dengan tehnologi, komputer, informatika dan internet tentunya. Bahkan sebagian sekolah sudah memasukkan teknologi, informatika, dan komputer ke dalam mata pelajaran sekolahnya. Ini dirasa perlu biar Bangsa Indonesia tidak ketinggalan teknologi dengan bangsa lain. Maka sejak dini harus diperkenalkan tehnologi agar bisa lebih meng-explorasi teknologi dan diharapkan kedepannya bangsa Indonesia bisa menciptakan suatu teknologi yang canggih yang bisa bermanfaat oleh manusia dan diakui seluruh dunia. Alasan itu membuat para orangtua berlomba untuk memperkenalkan teknologi dalam hal ini komputer kepada anak-anak mereka dengan harapan anak mereka jadi lebih bertambah ilmu pengetahuan melalui internet. Mereka sekarang mendukung aktivitas anaknya termasuk pergi ke warnet untuk ber-internet ria. Disamping untuk sosialisasi dan berbagi dengan teman-temannya mereka juga bisa saling bertanya dalam hal pengetahuan ber-internet sehingga mereka jadi lebih paham serta lebih berpengalaman. Inilah yang menyebabkan warnet selalu diserbu oleh masyarakat dimanapun berada, dan warnet selalu penuh dan kadang sampai harus antri. Bukti kalau masyarakat haus akan teknologi dan masih penasaran untuk memperdalam teknologi.

Salah satu warnet yang baru saja resmi buka beberapa hari
di sebuah komplek pertokoan.
 
      Melihat respon masyarakat yang antusias terhadap warnet yang ada disekitar mereka menyebabkan banyak orang yang mempunyai modal untuk melirik usaha ini. Memang tidak sedikit modal yang harus dikeluarkan dalam mendirikan usaha ini. Tapi bagi yang ingin berinvestasi jangka panjang ini merupakan sebuah peluang yang bagus untuk membuka usaha. Orang yang belum tahu masalah bisnis warnet pun berani membuka warnet dengan harapan bisa meraup untung pada tahun kedepannya setelah pendapatan warnet mengembalikan modal  yang dikeluarkan.
      Banyaknya minat para pemodal melirik bisnis warnet ini membuat warnet menjamur dimana-mana baik di perkotaan maupun di pedesaan. Mereka menganggap bisnis warnet ini sesuatu yang menjanjikan bagi mereka walaupun tidak bisa langsung mereka nikmati karena modal mereka harus kembali baru bisa menikmati keuntungannya. Sebenarnya kalau dibilang ini bisnis yang menjanjikan tidak juga, sebab bisnis warnet bisa saja punah seperti yang terjadi pada wartel ( warung telekomunikasi). Sebab banyak kalangan yang memprediksi nasib warnet akan seperti wartel. Apakah itu akan benar terjadi? kita lihat nanti saja biar waktu yang menjawabnya. Apakah seiring waktu warnet akan tergilas seperti wartel ? Itu akan bahas nanti dalam postingan yang akan datang.
      Mungkin diantara anda pernah menjumpai dalam satu ruas jalan terdapat warnet lebih dari satu. Persaingan semakin ketat dengan banyaknya warnet yang muncul. Bahkan di dalam perkampungan ada yang merubah halaman depan rumah atau ruang tamunya menjadi sebuah warnet dengan komputer seadanya dan bilik seadanya. Semakin banyak warnet yang bermunculan membuat masyarakat dengan mudah dapat mengakses internet lewat warnet terdekat dari lokasi mereka tinggal. Dengan mudahnya masyarakat mendapatkan informasi lewat internet seharusnya membuat masyarakat jadi lebih pandai dan lebih bisa terbuka pola pikirnya terhadap sebuah teknologi yang tercipta akhir-akhir ini.
       Semoga warnet bisa lebih membawa manfaat dan pengaruh positif, serta masyarakat bisa merasakan manfaat yang baik dengan merebaknya warnet di sekitar lingkungan mereka.



Tidak ada komentar: